Kerangka Hubungan Timbal Balik Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja
1. Pengertian
A.Pengertian Manajemen
Manajemen merupakan proses
kegiatan seorang pimpinan (manajer) yang harus dilakukan dengan mempergunakan
cara-cara pemikiran yang rasional maupun praktis untuk mencapai tujuan yang
telah ditetapkan melalui kerja sama dengan orang lain sebagai sumber tenaga
kerja tanpa mengabaikan sumber-sumber yang lain, waktu yang tersedia dengan
cara yang setepat-tepatnya.
B.Pengertian Manajemen menurut Para
Ahli:
·
Menurut
James A.F. Stoner (2006:Organisasi.org) Manajemen adalah suatu proses
perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian upaya dari anggota
organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk
mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Dengan kata lain
manajemen merupakan proses kegiatan seorang pimpinan (manajer) yang harus
diakukan dengan mempergunakan cara-cara pemikiran yang rasional maupun praktis
untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui kerja samaa dengan
orang lain sebagai tenaga kerja tanpa mengabaikan sumber-sumber yang
lain, waktu yang tersedia dengan cara yang setepat-tepatnya.
·
Menurut Drs.
Oey Liang Lee mengartikan manajemen adalah ilmu dalam perencanaan,
pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan dari manusia untuk
menentukan capaian tujuan sebagaimana yang telah ditetapkan.
C.
Pengertian Organisasi
organisasi adalah satu jenis wadah di
masyarakat yang dibuat bersama oleh beberapa orang dengan tujuan dapat
memperoleh efisiensi kerja tertentu semaksimal mungkin.
D. Pengertian organisasi menurut Para Ahli:
·
Pengertian
organisasi menurut Stephen P. Robbinss adalah suatu kesatuan sosial yang telah
terkoordinasi secara sadar dengan adanya sebuah batasan yang relatif dan dapat
diidentifikasi serta bekerja berdasarkan yang relatif secara terus-menerus agar
dapat mencapai tujuan bersama.
·
Menurut Paul Preston dan Thomas Zimmerer “Organisasi
adalah sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok yang
bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama”. Jadi Organisasi merupakan wadah
atau alat untuk pencapaian tujuan tersebut dengan mempersatukan orang-orang
untuk melakukan kerjasama yang efesien.
Dari uraian
di atas dapat dirumuskan bahwa manajemen adalah proses kegiatan pencapaian
tujuan melalui kerjasama antar manusia. Yang dapat di lihat arti dari gabungan
kedua kata tersebut adalah adanya hubungan timbal balik antara kegiatan,
kerjasama di satu pihak dengan tujuan di pihak lain. Dan untuk mencapai tujuan
maksimal dibutuhkan tenaga besar maka di bentuklah suatu organisasi yang pada
pokoknya secara fungsional dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang
dipersatukan dalam suatu kerja sama yang efisien untuk mencapai tujuan.
Sehingga dapat dikatakan bahwa fungsidari organisasi adalah sebagai alat dari
manajemen untuk mencapai tujuan .
E.
Pengertian Tata Kerja
tata kerja bisa di sebut juga metode
adalah satu cara bagaimana agar kita
dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan
secara tepat sehingga proses kegiatan manajemen pun dapat di laksanakan dengan
tepat.
2. Hubungan Timbal Balik
A. Hubungan Timbal Balik
Antara Manajemen dan Organisasi
Karena pada proses kegitan tersebut sudah ada organisasi sebagai wadah atau tempat berkumpulnya, jadi kerjasama untuk penyelesaian kegiatan tersebut lebih efektif. Sehingga secara langsung antara manajemen dan organisasi terjadi hubungan timbal balik yang baik karena keduanya saling memerlukan, dengan adanya keduanya sehingga kejasama yang dibangun lebih efekif dalam pencapaian tujuan.
B. Hubungan Timbal Balik Antara
Manajemen dan Tata kerja
Dimana suatu manajemen dengan adanya
tata kerja lebih teratur karena pada proses kegiatan tersebut dapat ditangani
secara bertahap dan lebih terfokus sehingga jika terjadi kejanggalan dapat
lebih ditangani secara cepat dan tepat sasaran, sehingga waktu yang ada tidak
terbuang dengan percuma dan tidak terjadi pemborosan. Jadi untuk mencapai
tujuan dapat lebih tepat sasaran.
C. Hubungan Timbal Balik Antara
Organisasi dan Tata kerja
Dengan adanya tata kerja dalam organisasi sehingga pada proses kegiatan dapat menyusun perencanaan kerja, dengan lebih terkoordinir dalam membentuk sekelompok manusia yang melakukan kerjasama dengan memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya dan tepat dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sehingga hubungan timbale baliknya juga sangat baik.
D. Hubungan Timbal Balik Antara
Organisasi, Manajemen dan Tata kerja
Jika ada organisasi, manajemen dan
tata kerja dilakukan dengan kerjasama yang baik, pemanfaatan sumber-sumber dan
waktu yang ada dapat dilakukan secara tepat dan lebih terordinir sesuai dengan
proses kegiatan yang ditetapkan maka untuk mencapai tujuan akan dapat hasil
yang lebih efsien dan efektif serta lebih maksimal. Karena ketiganya jika
dilakukan sesuai dengan tugasnya maka hubungan timbal balik itu akan saling
menguntungkan untuk ketiganya
3. Kesimpulan
Oleh karna itu dapat di
katakan hubungan antara manajemen dan tata kerja seperti berikut: Manajemen :
Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan pendayagunaan sumber serta waktu
sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi
tercapainya suatu tujuan. Tata Kerja : Menjelaskan bagaimana proses kegiatan
itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber yang ada dan waktu yang
tersedia.
Hubungan antara
manajemen,organisasi dan tata kerja
· Manajemen
: proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia satu sama lain
· Organisasi
: alat bagi pencapaian tujuan dan alat bagi pengelompokkan kerja sama.
· Tata
Kerja : pola cara-cara bagaimana kegiatan kerja sama tersebut harus
dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Hubungan dari ketiga
kata tersebut adalah sama-sama mengarah pada keinginan mencapai suatu tujuan.
0 komentar:
Posting Komentar